Walaupun saat ini jaman maju dan sebagian kapal sudah memakai tenaga
mesin, masih ada kok yang mempertahankan tradisi lama menggunakan layar
dan megah pula. Kapal apakah itu? salah satunya dari Indonesia lho.
1. Royal Clipper
1. Royal Clipper
Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak
Preussen diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo
terakhir) Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar
yang pernah dibangun.
Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.
2. Pinisi
Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.
2. Pinisi
Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang
lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut
naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama
sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk
berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang
bernama We Cudai.
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
3. Barque Sedov
Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
3. Barque Sedov
Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini
dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal
kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi
kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini
diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov
yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov.
Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
4. Preussen
Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
4. Preussen
Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan
diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan
layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal
pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián
de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol.
Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar
terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah
Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi
Ferdinand Magellan.
6. Thomas W. Lawson
6. Thomas W. Lawson
Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang
bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah
kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan
minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap
sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.