Dengan
lebih dari 800 juta pengguna internet aktif secara global, tidak
mengherankan jika initial public offering (IPO) Facebook telah menjadi
salah satu yang paling sangat dinantikan transaksinya dalam sejarah.
Sebagai
perusahaan bergigi hingga dokumen file formal IPO bersama Securities and
Exchange Commission, pengamat pasar mencari sebuah penawaran tertinggi
sebesar US$10 miliar, yang akan membuatnya menjadi IPO internet terbesar
dalam sejarah.
Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan CNBC setidaknya 10 IPO terbesar sektor internet sebelum IPO facebook ini adalah:
1. McData yang memiliki nilai IPO sebesar US$403 juta dengan harga penawaran US$28 pada 8 Agustus 2000.
2.
LinkedIn yang memiliki nilai IPO sebesar US$406 juta dengan harga
penawaran US$45 pada 18 Agustus 2011, performance sejak IPO 67%, dan
kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$7,09 miliar.
3. Savvis Communications memiliki nilai IPO sebesar US$408 juta dengan harga penawaran US$24 pada 14 Februari 2000.
4.
Orbitz Worldwide (OWW) yang memiliki nilai IPO sebesar US$510 juta
dengan harga penawaran US$15 pada 19 Juli 2007, performance sejak IPO
minus 75%, dan kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$372,44
juta.
5. CompuServe yang memiliki nilai IPO sebesar US$552 juta dengan harga penawaran US$30 pada 18 April 1996.
6.
Vonage Holdings (VG) yang memiliki nilai IPO sebesar US$531 juta dengan
harga penawaran US$17 pada 23 Mei 2006, performance sejak IPO minus 86%,
dan kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$553,74 juta.
7.
Groupon (GRPN) yang memiliki nilai IPO sebesar US$805 juta dengan harga
penawaran US$20 pada 3 November 2011, performance sejak IPO minus 1,9%,
dan kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$12,60 miliar.
8. Zynga
(ZNGA) yang memiliki nilai IPO sebesar US$1 miliar dengan harga
penawaran US$10 pada 15 Desember 2011, performance sejak IPO 3,9%, dan
kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$7,11 miliar.
9. Genuity yang memiliki nilai IPO sebesar US$1,91 miliar dengan harga penawaran US$11 pada 27 Juni 2000.
10.
Google (GOOG) yang memiliki nilai IPO sebesar US$1,92 miliar dengan
harga penawaran US$85 pada 18 Agustus 2004, performance sejak IPO 580%,
dan kapitalisasi pasar (31 Desember 2011) sebesar US$187,62 miliar.